Saturday 5 October 2013


Anda pasti tahu Optimasi SEO memiliki 2 sisi penting dalam optimasi yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO. Onpage SEO lebih mengarah kepada optimasi sisi design maupun konten website. Dengan kata lain Onpage SEO adala upaya agar website kita tampil optimal. Sama sekali tidak ada campur tangan pihak luar. Disini nilai utama yang didongkrak adalah Alexa Traffic Rank anda.

Sedangkan Offpage SEO sebaliknya, optimasi dilakukan untuk mendongkrak popularitas dan PageRank blog anda atau juga mempertahankan PR yang telah didapat oleh blog anda. Optimasi offpage SEO meliputi jumlah backlink, backlink yang berkualitas dan backlink natural yaitu yang berasal dari search engine melalui keyword yang anda bidik.

Ilpeng.com tidak akan membahas panjang lebar mengenai offpage SEO sebab bisa anda lihat sendiri, PR Blog ini sejak icon atau widget pagerank yang terpasang di salah satu sidebar blog ini kira-kira satu setengah bulan yang lalu PR nya masih menunjukkan angka 0 hingga artikel ini ditulis, sungguh menyedihkan memang tapi wajar ilpeng,com memang belum berkonsentrasi melakukan optimasi apa-apa dari sisi Offpage SEO. (hehehe, dasar pemula jago ngeles..)

Tapi silakan anda lihat Alexa Traffic Rank ilpeng.com kurang dari dua bulan, traffic arank alexa blog ini sudah menunjukkan angka menuju peringkat 600.000 an, silakan anda klik. Mengapa berani mengatakan 600.000 an sebab tiap hari selalu ada 10.000-20.000 peningkatan. Mengapa bisa secepat itu?, sebab ilpeng.com menerapkan beberapa prinsip penting dalam optimasi Onpage SEO yang ia yakini. Yah mungkin beberapa dari anda menganggap nilai alexa Traffix Rank 600.000 adalah biasa, tapi tidak bagi ilpeng.com blog newbie yang baru bener-bener aktif dua bulanan ini mendapat alexa traffic Rank spserti sungguh sebuah anugerah yang luar biasa. Hohoho..

Berikut ini prinsip-prinsip Optimasi Onpage SEO;
  • Pastikan tiap postingan artikel anda di blog terindex oleh search engine 
  • Pastikan tiap page blog anda memiliki konten yang unik 
  • Pastikan Meta Tag pada kode HTML template blog anda benar – termasuk pemilihan tag judul tiap halaman dan tag deskripsi harus mengarah/mendeskripsikan konten halaman blog anda. Biasanya tag judul page anda tidak lebih dari 68 karakter dan tag deskripsi tidak lebih dari 148 karakter. 
  • Selalu gunakan header yang berbeda dengan menggunakan H tags 
  • Pastikan bahwa URL blog anda SEO Friendly 
  • Hindari 5 Kesalahan dalam Membuat Link
  • Pastikan tidak ada broken link dalam blog anda 
  • Pastikan setiap image pada blog anda mendeskripsikan blog anda yaitu dengan menambahkan atribut alt=”deskripsi blog/keyword/url” dan gunakan pula nama image anda dengan sesuatu yang mendiskripsikan blog anda, misalnya ilpeng.jpeg. 
  • Pastikan penggunaan yang benar untuk anchor text link 
  • Pastikan hanya ada satu versi blog anda misalnya cukup www.ilpeng.com 
  • Pastikan link homepage anda benar, jadi ketika user akses www.ilpeng.com maka akan menuju homepage anda dengan baik 
  • Pastikan blog anda dofollow tapi gunakan rel=“nofollow” tag ketika anda me-link web atau blog yang tidak anda percaya mungkin menggunakan teknik spam, atau anda tidak ingin membantunya untuk optimasi search engine (pelit bgt ya?). klik cara Termudah merubah status nofollow menjadi dofollow
  • Pastikan setiap kode html yang anda gunakan di mana saja pada bagian blog anda adalah kode yang valid khususnya pada templaet HTML code sebab pada beberapa kondisi coding yang salah akan menyebabkan search engine sulit membaca page blog anda. Caranya sangat mudah cukup gunakan W3C validator untuk mengeceknya 
  • Anda Wajib tahu cara dasar dan efektif menaikkan traffic rank alexa 
  • Dan masih banyak lagi trik yang lain akan di share kemudian.. 
Semoga Bermanfaat..

1 comment:

Blog Ini dofollow.....Silahkan Komen yang baik